21 September 2008

Training Spiritual - Kebutuhan Rohaniku

Akhir bulan lalu, aku mengikuti Training ESQ, itung-itung sebagai salah satu persiapan mental dalam memasuki bulan suci Ramadhan. Lumayan lah, training gratis yang dibayari oleh perusahaan tapi manfaat nya terasa banget, terutama dalam hal pemantapan kita akan angka "165" yaitu 1 bahwa Allah itu Esa, Tunggal, atau Ahad; 6 artinya adalah rukun Iman yang harus selalu ada dalam diri kita ; dan 5 yaitu Rukun Islam. Dalam kehidupan sehari-hari kita harus mengusahakan akan hadirnya "165" ini. Selama dua hari training, kita diajak untuk lebih mendekatkan diri kepada sang khaliq, bertaubat atas segala dosa yang telah kita perbuat selama ini, baik itu dosa dengan sesama manusia terlebih lagi dosa kita dengan Nya dengan melanggar semua larangan Nya, Astaghfirullah hal adzim. Ya Rabbi, hamba Mu mohon ampunan Mu.
Selain itu kita juga diajak untuk selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW, pembimbing umat hingga ke akhir zaman.
Belum puas dengan hasil yang di dapat dari training ESQ, Sabtu kemarin, saya ikut lagi training spiritual yang diadakan oleh Yayasan Daarussalaam. Yaitu Training Pelatihan Sholat Khusyuk, Menggapai Khusnul Khotimah. Training ini diadakan dari jam 08:30 - 15:00 wita dan lebih kepemahaman bahwa amalan yang ditanyakan pertama kali oleh Allah adalah tentang sholat kita selama di dunia. Apabila bagus sholat kita, maka akan dinilai bagus pula amalah yang lain oleh Allah SWT. Tapi sayangnya, tidak diajarkan tata cara sholat yang baik sehingga bisa meraih kekhusyukkan yang hakiki dalam sholat. Lebih ditekankan pada sholat harus tepat waktu, tidak buru-buru (tumakninah) dan berusaha untuk hanya selalu mengingat Allah selama waktu sholat.
Alhamdulillah dengan mengikuti dua training spiritual ini, "jiwa" terasa lebih "plong" dan berusaha untuk lebih ikhlas dalam beribadah kepada Nya, untuk meraih ridho Nya.

Tidak ada komentar: