07 Maret 2009

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak....

Yang membedakan manusia dengan ciptaan Tuhan yang lain adalah manusia dikaruniai "otak". Kata "otak" di sini tidak hanya mengacu pada organ tubuh kita yang menjadi pusat dari sistem syaraf seperti halnya pada hewan, tapi lebih kepada akal budi dan pemikiran.
Kalau "otak" (akal budi & pemikiran) kita sudah tumpul, apa bedanya kita dengan hewan ya??
Upss... maaf klo tidak sopan MyEm0.Com. Tapi memang kenyataannya seperti itu dan sebenarnya akhir-akhir ini hal itu pun sudah cukup banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita.

Nah, untuk tetap menjaga optimalisasi kerja otak kita, usahakan untuk menghindari hal-hal yang ada di bawah ini, apalagi bila sampai menjadikannya sebagai suatu kebiasaan dalam kehidupan kita sehari-hari:

1. Tidak mau sarapan
Banyak orang menyepelekan sarapan dikarenakan mengejar waktu untuk berangkat sekolah/kampus/kantor, bangun terlambat sehingga terburu-buru, dan lain-lain. Padahal tidakmengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

2. Kebanyakan makan
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

3. Merokok
Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh Kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

5. Polusi udara
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

6. Kurang tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan. Paling tidak kita harus tidur/istirahat kurang lebih 8 jam dalam satu hari.

7. Menutup kepala ketika sedang tidur
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

8. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak. Sementara tak jarang saat sedang sakit kita masih terpikirkan kerjaan yang belum selesai, anak yang tidak terurus, dst.

9. Kurangnya stimulasi otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

10. Jarang bicara
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi bukan yang dimaksud adalah kita diminta untuk cerewet atau bahkan diajari untuk menggunjing, bukan... bukan itu maksudnya. Kita harus sering berbicara tapi yang berbobot, yang mengajak kita untuk berpikir dan menganalisa suatu keadaan.

Nah, masihkah kita tetap mempertahankan ke sepuluh kebiasaan buruk di atas bila ingin menjadi manusia yang berkwalitas dan ber"otak"????

24 komentar:

mommy adit mengatakan...

mbak, ini sumbernya dari mana?

Erik mengatakan...

Jarang bicara...
Mbak kalau terlalu banyak ngeblog, bisa membuat kita jarang bicara gak ya?

Angsoka47 mengatakan...

apa yah yg kurang... bobo nya nih... selalu kalah ama inet, hehehe...

Hikmah San mengatakan...

oo..gitu yach!! thanks!!

rayearth2601 mengatakan...

wah, info yang bagus nih mbak

Penny mengatakan...

@mommy adit: iya nih.. lupa tulis sumber nya, dari email teman sih....
@Erik: bisa jadi sih.. bang, tapi klo emang doyan bicara, walaupun ngeblog.. banyak jg tuh topik yg dibicarakan diluar blogging hihii
@Angsoka: idem banget tuh.. kayak aku. But sekarang aku suka ketiduran, inet nya yg kalah hehehehe

ENDRIYANI mengatakan...

hehehehe...Emang Kebiasaan-2 kita skrng ini dah mulai merusak otak ya...Phalag klo dah asik internetan, jadi lupa tidur!!! trus gak mau berfikir atau mengasah otak, pengennya yg simple dan gampang aja!!!

Good Posting Bun...

umi rina mengatakan...

Kayaknya yg point 8 masih susah ditinggalkan dech Bunda..., secara hidup di rantau jauh dari sanak keluarga, kalao lg sakit tetep aja mesti ngerjain kerjaan, apalagi urusan ank2 dech... :)

ke2nai mengatakan...

kurang tidur nie sy kayaknya.. apalagi kl lagi asik 'ma sesuatu. Pasti susah deh kalo di suruh tidur ;)

Violin_kyen mengatakan...

^^,,,,,,,,,, !!!!!
Hidup Jangan terlalu di buat susah,,,
Jalani aza sesuai apa yang kita mampu dan lakukan,,,, !!!

Yang penting kita bahagia menjalaninya,,, !!!!

^^,,,, Sok Dewasa Saiiaaa yaaah Buuuu^^,,,, !!! Heheeheh Maaf,,, !!!

bunda mengatakan...

kelamaan di depan kompie termasuk ngerusak otak ngga mbak?
soale emang tuntutan kerjaan je
btw dari sumber yg layak dipercaya ga nih infonya

salam hangat and have a nice weekend

rumah lina mengatakan...

haduh aku suka males sarapan dan nutup kepala waktu tidur... otakku rusak ya.. ati2 ya bun.. punya teman rusak otaknya hahaha

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah, jarang bicara jg gak baik ya.
gimana kalo memang bisu beneran?

rampadan baru mampir mengatakan...

aku kurang tidur karena ngeblog, gak pernah sarapan pagi karena kerja pagi, cepet rusak otakku nich..
bunda orang kal tim ya???
salam hangat dari kalsel ya bunda..
jarang bicara???
banyak penyebab untuk hal satu ini bunda..

Atca mengatakan...

hmmm...
kayaknya kurang bobok deh...habis kerjaan banyak...belom kalo ngenet..pasti lupa waktu heheheh

Meidy mengatakan...

klo ngeblog kita jd jarang bicara tp berpikir keras krn harus posting.. impaaasss... gpp to bu dokter? :D

namaku wendy mengatakan...

waduh sering kebayakan makan neh
ehm kalo bicara lewat tulisan gak masuk itungan yah mbak hehehe soalnya terhitung jarang bicar:p

marsudiyanto mengatakan...

Kok ngeri2 semua...
Untuk 100% bebas dari kebiasaan tersebut kayaknya susah banget...

Diary Pink mengatakan...

point 1, 6, 10. lah kalo point 10 ini kalo saya byk ngomong dikira orgil dong lah wong sehari2 di depan notebook ngenet hahaha...

Lyla mengatakan...

kalo kebanyakan makan sih kyknya gak deh.. makan ya maish dlm porsi biasa hehehe...

alris mengatakan...

Wah tips yang bagus, perlu diterapkan. Makasih...
Salam kenal, ya mba. Main yuk ke blog saya : http://alrisblog.wordpress.com

The Dexter mengatakan...

Wahhhhh.....Diriku melakukan itu semuaaaaaaaaaaa..... Waduh-waduh gimana yah... bagaimana ini... (celingukan ga jelas)...tolong Tuhan...eh bukan Tuhan tolong aku...gimana ini...bagaimana ini...

Eh eh Mbak Penny, bisakah setidaknya memperhatikan apa isi tulisan di blog yang anda kunjungi? Tidak sekedar Balas BW? Maaf ya, soalnya itu sudah terpampang jelas fotoku. Seorang Cowok.
Setidaknya beri sedikit kunjungan anda itu punya mutu bagi anda sendiri dan yang anda kunjungi.
Hehehe...Maaf ya mbak Penny.

Kika Taman Baca

mama icel mengatakan...

jarang bicara juga ya?? wah kudu sering ngrumpi neh...wakakakk..

Izka mengatakan...

Wah bermanfaat banget neh..... Thanks atas infonya.....Kadang ada hal yang terlihat sepela, ternyata berpengaruh juga ke otak ya