08 Februari 2009

Waktu Adalah Harta Yang Paling Berharga

Seperti kata Mario Teguh: Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu memang sangat berharga. Memiliki waktu tidak menjadikan kita kaya tetapi menggunakan waktu dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.

Membiarkan waktu berlalu begitu saja, sementara jika ia sudah berlalu, ia tak akan kembali dan tidak dapat dibayar serta dinilai dengan apapun, sehingga pantas bila kita menyebut bahwa waktu adalah barang mahal dan sangat berharga yang dimiliki oleh seseorangMyEm0.Com. Waktu pada hakikatnya adalah modal yang sebenarnya dimiliki manusia. Waktu bukan hanya diibaratkan laksana emas, bahkan waktu sebenarnya jauh lebih mahal daripada permata dan batu mutiara yang paling mahal. Waktu, seperti yang pernah dikatakan oleh Hasan al-Banna ialah "kehidupan". Sedangkan Imam Hasan al-Basri pernah berkata: "Wahai anak Adam, anda sebenarnya hanya merupakan himpunan dari hari-hari di mana jika berlalu satu hari daripadanya, sebahagian daripada anda akan turut pergi."

Barang siapa yang tidak menyadari nilai waktu semasa hidup ini, dia akan menempuh saat di mana dia akan menyadari nilai waktu dan harganya yang sangat tinggi, serta nilai amal usaha di waktu yang telah dilalaikannya itu. Dalam kitab suci Al Qur'an telah diberikan peringatan mengenai dua keadaan atau peristiwa yang akan ditempuh manusia di mana dia benar-benar akan menyesali atas kehilangan waktunya selama ini, yakni di saat penyesalan sudah tidak berguna lagi sama sekali.

*Pertama* ialah peristiwa saat ajal menjemput (sakaratul maut) yaitu saat seseorang akan meninggalkan kehidupan dunia dan akan menempuh kehidupan yang kekal abadi di alam akhirat. Dia akan berharap sekiranya dia diberi tambahan waktu di akhir saat kematiannya walaupun hanya sebentar, maka dia ingin memperbaiki amal perbuatan yang dilakukannya. Juga dia ingin diberi kesempatan untuk melakukan hal-hal yang belum sempat dikerjakannya selama ini.


*Kedua* ialah saat di alam akhirat nanti, di mana setiap orang menerima balasan atas segala perbuatannya semasa hidup di dunia. Penghuni syurga telah memasuki syurga; dan para penghuni neraka juga telah masuk neraka. Di saat ini penduduk neraka menggantungkan harapan agar mereka dikembalikan lagi pada kehidupan dunia, agar mereka bisa melakukan amal soleh. Tetapi sungguh mustahil apa yang mereka harap-harapkan tersebut. Masa untuk melakukan amal soleh pun telah berakhir. Hanya tinggal menerima hasil atas amal perbuatan kita selama di dunia.

Contoh lain adalah saat kita gagal mencapai apa yang kita inginkan/cita-cita kan hanya karena kelengahan kita dalam mengatur waktu atau kekeliruan kita dalam melakukan suatu tindakan yang mengakibatkan hasilnya tidak optimal atau bahkah mengalami kegagalan, pasti kita akan bilang "Andai saja waktu bisa kembali, aku tidak akan mengulanginya lagi."


Jadi, sudahkah Anda pergunakan waktu untuk hidup di dunia yang telah diberikan Nya dengan sebaik-baiknya?? Sebelum datang penyesalan di kemudian hari, dimana waktu sudah tidak bisa kembali lagi MyEm0.Com.



Petikan dari buku Harga & NilaiWaktu karya Dr. Yusuf al-Qaradawi

19 komentar:

Angsoka47 mengatakan...

kaya nya kata2 'nanti' udh harus diilangin tuh... termasuk aku nih , umur manusia siapa yg tau ya jeng... hanya ALLAH lah yg tau...

Erik mengatakan...

Demi waktu... sesungguhnya manusia itu dalam kerugian...

Kecuali mereka yang sabar dan saling mengingatkan dalam kebenaran dan mencegah kemungkaran

Kamilia mengatakan...

semoga kita termasuk orang-orang yang bisa menghargai waktu ya...

Atca mengatakan...

waktu memang tidak bisa mundur lagi..dan memang seharusnya kita bisa menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya..
Btw aku termasuk orang yang belum bisa menggunakan waktu dengan baik nihh

rayearth2601 mengatakan...

yup, emmang bener sekali bu, waktu adalah harta yang paling berharga, mari kita pergunakan sebaik-baiknya

Umi Rina mengatakan...

Komen saya sama nich sama Bang Erik... :)

mama icel mengatakan...

waktu adalah uang...hahahaha...gak nyambung ya??

ke2nai mengatakan...

merasa di sentil nie baca postingan ini.. Kadang blm bs menghargai waktu :)

purwa mengatakan...

Semoga, kita bukan termasuk orang2 yang merugi.


~dhie~
http://jendelahati.net

Keluarga-Ibad mengatakan...

nice posting bun...cukup mengingatkan banget neh...

Dewa_Nida mengatakan...

nah ini dia yang paling sulit dilakukan.....yang semoga aja aq bisa bunda....

Tukang Nggunem mengatakan...

Semoga sisa waktu saya di dunia ini bisa saya manfaatkan sebaik2nya, karena saya, kita, tidak akan pernah tau kapan semuanya akan diAkhiri olehNya kan...

Budiawan Hutasoit mengatakan...

hmm...disentil nih sama postingan ini..
kadang2 mungkin malah seringkali saya membuang2 waktu..
tapi kalo mampir dan kasih komen di blog ini sih ngga termasuk membuang waktu..hehe

PS : mbak, kalo nda keberatan tambahin Name/URL dong utk kotak komen ini..jadi ngga hanya id google aja..okie..

aziz si anak kost mengatakan...

waktu tak akan berhenti,
bahkan ketika hidupmu berhenti

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

suka sama MT juga ya?

astien mengatakan...

duh padahal waktuku sering banget terbuang ga tentu, hiks..
artikel yang bagus bun...makasih ya

namaku wendy mengatakan...

hiks belom bisa memanage waktu dgn baik inih:( makasi dah diingetin yah mbak:)

Lyla mengatakan...

memang benar wkt adalah harta yang paling berharga... tp kadang buat membagi wkt sangat susah hehe

Mengatasi Salauran Yang sering Mampet mengatakan...

bagus sekali info yang di sajikan oleh blog anda menarik terimakasih