22 Mei 2009

Nasehat Untuk Diri Sendiri

Dalam hidup ini terkadang ada hal-hal yang tidak kita duga bisa terjadi. Persoalan seolah seperti gelombang yang datang silih berganti tanpa memberi kesempatan kepada kita untuk sekedar bernafas, mengambil jeda satu persoalan ke persoalan yang lain. Penting untuk dijadikan pegangan bahwa jangan pernah berfikir bahwa hidup adalah untuk bersenang-senang, fikirkanlah hidup ini adalah untuk berjuang karena sesungguhnya hidup ini adalah lahan untuk perjuangan. Kalau kita membayangkan hidup ini untuk bersenang-senang maka pastilah banyak yang mengecewakan dalam hidup ini. Kalau yang kita fikirkan adalah berjuang, niscaya banyak kesenangan yang akan kita dapatkan.

Pikiran dan keinginan setiap orang tidaklah selalu sama, tidaklah mudah atau hampir mustahil untuk mengakomodasi semua keinginan itu, tetapi berpihak pada satu keinginan orang bukanlah sikap yang adil. Objektif, netral dan kemandirian sikap adalah kompromi terbaik yang bisa ditempuh.

Pikirkanlah secara jernih dan masak-masak segala pilihan yang akan diambil, dengan mempertimbangkan banyak aspek, jangan lupa mohonlah petunjuk kepada NYA. Jika pilihan sudah dijatuhkan, yakinlah dalam pilihan itu,dan jangan pernah bergeming walau evaluasi tetap perlu. Jika sudah demikian kesalahan tetap bernilai 1, sedang pilihan benar bernilai 2. Berbuat baiklah pada semua orang, walau berbeda pandangan dan pendapat. Kebaikan perbuatan dan akhlak lebih bernilai daripada kebenaran dan kebaikan pendapatmu sendiri.

Galilah lebih dalam setiap proses memperoleh ilmu dan pengetahuan.Tidak pernah ada jalan pintas untuk memperoleh kedalaman ilmu dan pengetahuan. Bekerja dan berjuanglah dengan giat , karena tidak pernah pula ada jalan pintas untuk mencapai kemakmuran, apalagi jalan pintas menuju surga. Meski surga itu seluas langit dan bumi bukan berarti jalan masuk kesana mudah. Tekun ibadah dan berbudi mulia adalah jalan untuk memperoleh itu.

Nasehat di atas adalah untuk kebaikan diri saya sendiri, tapi saya ingin sharing dengan teman-teman semua. Karena bagi saya, sebuah nasehat (nasehat yang baik, red) berarti satu kebaikan akan kita dapatkan. Mengapa?? Sebab bila kita menjalankan nasehat tersebut, Insya Allah kita akan berubah menjadi lebih baik dari diri kita yang sebelumnya, Amin.


24 komentar:

anazkia mengatakan...

Syukron atas tausiyah paginya Bunda...

"Demi massa. Sesungguhnya, manusia itu benar2 dalam kerigian. Kecuali orang2 yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasihat menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran."

rayearth2601 mengatakan...

Terimakasih nasehatnya bu :)

RanggaGoBlog mengatakan...

nice inspiration....

mampiir buuu...

ke2nai mengatakan...

nasehatnya berlaku buat sy juga nih mbak.. makasih y.. :)

Yannie mengatakan...

Hidup ini penuh pilihan, akal, agama dan ilmu menentukan pilihan yang akan diambil
Hidup penuh perjuangan dan penuh dengan kerikil2 yang mewarnai kehidupan
Namun semuanya harus dijalani dengan optimis, penuh semangat, dan menerima takdirnya...
Makasih ya Bun...Alhamdulillah kami sekeluarga sehat wal'afiat
Salam sayang untuk 3 gadis cantiknya...

JengSri mengatakan...

makasih buat siraman rohaninya jeng ;).

umi rina mengatakan...

"Addiinu nasihah", agama itu nasehat. Sebaik-baknya nasehat adalah nasehat untuk mengajak pada kebaikan dan menetapi kesabaran.

Makasih banyak Bunda atas nasehatnya...:)

casual cutie mengatakan...

nasehatnya bagus Ibu!!! sangat bermanfaat buat kita semua!!

RanggaGoBlog mengatakan...

meninggalkan jejak akh...

hihihihihihi......

rHeeaz mengatakan...

satu lagi bahan untuk renungan... arigatou yah mba penny...

Ani mengatakan...

InsyaAllah nasehatnya nggak utk djeng Peni sendiri tp juga bermanfaat utk saya dan teman2 blogger yang membaca. Makasih ya djeng.

mama hilda mengatakan...

Makasih di ingatkan mbak, memang hidup itu penuh perjuangan, sejak bayi di lahirkan dari rahim ibunya, sampai masuk liang kubur semuanya adalah perjuangan yang dari situ akan menjadikan kita manusia-manusia pilihan-Nya.

Tentang game bermain, ada lho mbak di www.uptoten.com game nya kebanyakan mendidik anak-anak, si Hilda juga suka main disitu, ada kategori pilihan umurnya.

Reza Fauzi mengatakan...

artikel bagus... salam kenal ya

ajie mengatakan...

wah bagus tuh
nasehat itu penting

Haniseh mengatakan...

Ass..manusia di ciptakan u/ beribadah kepada Allah..bukan u/ menyia-nyiakan waktu..Artikel hebat..semangat terus yah bu..

Newsoul mengatakan...

Tulisan yang bagus. Blog yang bagus isinya. Salam kenal juga. Terimakasih atas inisiatifnya, kebaikannya utk psg link saya. Izin, saya pasang link mbak Penny juga ya di blog saya.

latqueire mengatakan...

dalam hidup itu penuh pilihan.. kaya dan miskin juga pilihan, sebaik2nya manusia maka pilihlah yang kamu yakini :D

suryaden mengatakan...

selalu saja hati berdebar jika mendengar kata-kata kebaikan yang mengajak ke surga dan Allah SWT...

nietha mengatakan...

nasehat yang mulia bunda...

kak_ega_punya cerita mengatakan...

menyejukkan hati bunda....

buwel mengatakan...

maksih udah mosting ini...

annin mengatakan...

Nasehat yg sngt berarti buat kita semua..

reni mengatakan...

Mbak.., makasih nasehatnya. Sangat berguna juga untukku lho..
Makasih dah berbagi ya.

Lala mengatakan...

Terima Kasih sudah mengingatkan dan sharing nasehat unyuk kita :)