09 Januari 2009

Sebuah Pensil....


Seorang anak bertanya kepada neneknya yang sedang menulis sebuah surat .

"Nenek lagi menulis tentang pengalaman kita ya? atau tentang aku?"
Mendengar pertanyaan si cucu, sang nenek berhenti menulis dan berkata kepada cucunya, ...
"Sebenarnya nenek sedang menulis tentang kamu, tapi ada yang lebih penting dari isi tulisan ini yaitu pensil yang nenek pakai."
"Nenek harap kamu bakal seperti pensil ini ketika kamu besar nanti" ujar si nenek lagi. Mendengar jawaban sang nenek, si cucu kemudian melihat pensilnya dan bertanya kembali kepada si nenek. "Tapi nek sepertinya pensil itu sama saja dengan pensil yang lainnya." Ujar si cucu. Si nenek kemudian menjawab, "Itu semua tergantung bagaimana kamu melihat pensil ini."
"Pensil ini mempunyai 5 kualitas yang bisa membuatmu selalu tenang dalam menjalani hidup, kalau kamu selalu memegang prinsip-prinsip itu di dalam hidup ini."
Si nenek kemudian menjelaskan 5 kualitas dari sebuah pensil.
"Kualitas pertama, pensil mengingatkan kamu kalo kamu bisa berbuat hal yang hebat dalam hidup ini.
Layaknya sebuah pensil ketika menulis, kamu jangan pernah lupa kalau ada tangan yang selalu membimbing langkah kamu dalam hidup ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan, Dia akan selalu membimbing kita menurut kehendakNya". "

Kualitas kedua, dalam proses menulis, nenek kadang beberapa kali harus berhenti dan menggunakan rautan untuk menajamkan kembali pensil nenek. Rautan ini pasti akan membuat si pensil menderita. Tapi setelah proses meraut selesai, si pensil akan mendapatkan ketajamannya kembali. Begitu juga dengan kamu, dalam hidup ini kamu harus berani menerima penderitaan dan kesusahan, karena merekalah yang akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik".

"Kualitas ketiga, pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk mempergunakan penghapus, untuk memperbaiki kata–kata yang salah. Oleh karena itu memperbaiki kesalahan kita dalam hidup ini, bukanlah hal yang jelek. Itu bisa membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar".

"Kualitas keempat, bagian yang paling penting dari sebuah pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalam sebuah pensil. Oleh sebab itu, selalulah hati-hati dan menyadari hal-hal yang ada di dalam dirimu".

"Kualitas kelima, adalah sebuah pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Seperti juga kamu, kamu harus sadar kalau apapun yang kamu perbuat dalam hidup ini akan meninggalkan kesan. Oleh karena itu selalulah hati–hati dan sadar terhadap semua tindakan".


Artikel di atas di sadur bebas dari Paulo Coelho. Padat isinya tapi banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Ternyata hanya dari sebatang pensil kita bisa belajar bagaimana cara menjalani hidup ini.

19 komentar:

Angsoka47 mengatakan...

bagus banget say... dari pensil aja banyak nasehat yg di dapet...

Erik mengatakan...

Setiap benda ataupun kejadian selalu bisa diambil pelajaran berharga.

Hanya tidak setiap orang mampu mengambil hikmah didalamnya

marsudiyanto mengatakan...

Semoga saya seperti pensil 2B...
Dibutuhkan banyak orang se Indonesia, terutama saat Ujian nasional dan Tes Masuk Perguruan Tinggi

Penny mengatakan...

@Erik: mungkin karena ketidak tahuan kita dan keterbatasan akal pikiran kita yang tidak mampu menggali hikmah dari suatu kejadian bang Erik

@Marsudiyanto: hahahahaha pak guru ini obrolannya selalu fresh from the oven deh..

Mama Shasa Shahira mengatakan...

wah... bener banget.. ternyata pensil tuh banyak banget manfaatnya....

mama icel mengatakan...

kalau pencil berwarna,gimana tuh?? itu kesukaan anak TK..hehehhe..

Veterinarian mengatakan...

wah banyak hikmah berharga dlm postingan ini..nice bunda..salam kenal tuker link yuk

suryaden mengatakan...

sangat berguna dan inspirratif sekali, tapi kenapa orientasi pikiran saya malah ke alatnya cowok yg vital itu kan mirip pensil juga... (dasar gedeng..)

Rosa mengatakan...

Sekarang diriku lagi gak punya pensil tuh....punyanya bolpoin.gimana tuh?

EvieJPu mengatakan...

sungguh nasihat yg sangat berguna..makasih Penny udh sharing ke kita.

"budhe Fakhrun Musriati" mengatakan...

Wah...ternyata dari sebatang pensil bisa diambil ma'na filosofi yang dalam banget yach... makasih ya... untuk pedoman keseharian kita...

Seno mengatakan...

Wah, keren abis. Yah, kita memang harus bisa belajar dari segala hal, termasuk juga pensil. Tapi saya g kepikiran sama yang ada dalam postingan ini,mantabs. Salam.

Lyla mengatakan...

mau nyari pensil dulu ah... buat nulis koment hehehe...

brigaspad mengatakan...

ada lagi mungkin bisa ditambahin,.. pensil satu satunya alat tulis yang bisa di pakai di luar angkasa alias hampa udara,..bisa dimaknai bahwa dari hal yang kecil kita bisa melakukan hal yang luar biasa.


bener nggak ya..!!!

mommy adit mengatakan...

Dalem banget...

Umi Rina mengatakan...

Wah, kereen Bunda postingannya... :)

Hanya manusia cerdas yang bisa mengambil hikmah dari tanda-tanda yang diciptakan Nya... :)

Kamilia mengatakan...

postingannya mantab bunda, moga kita smua kaya pensil ya..bicara "paulo coelho"..saya juga ngefan sama novel-novelnya..

Kristin A Kusuma mengatakan...

sesuatu kalo di gali lebih dalem, pasti ada makna2 yang terkandung didalamnya. Tul ga bun? :)

Bunda NaNas mengatakan...

Pernah denger cerita ini di radio, tapi tetep berkesan. Dalemmm banget :)