02 Januari 2009

Gampang-Gampang Susah.....

Terkadang apa yang kita inginkan, tidak sesuai dengan apa yang terjadi. Kita ingin sukses, tapi tak jarang kegagalan selalu mengikuti. Kita ingin bahagia, tapi kesedihan masih sering mengelayuti. Itulah dinamikan kehidupan.
Begitu pula yang terjadi dengan diriku. Contoh sederhana adalah keinginan untuk membuat postingan di blog ku tercinta ini. Maksud hati ingin membuat postingan kalau bisa 2 hari sekali atau minimal seminggu dua kali, tapi kok ya... susah.. banget ya??? MyEm0.ComPadahal kan kalau dipikir-pikir buat postingan itu gampang banget, tinggal kasih judul postingan, tulis beberapa kata dalam "entry" kita, kalau perlu ditambahi gambar atau emoticon supaya lebih menarik, terbitkan "entry", selesai sudah . Tapi kalau untuk saya, buat postingan itu terkadang gampang-gampang susah. Seperti masukkan benang kedalam jarum. Kalau pas lagi gampang dan "smooth" ya.. lancar aja. Tapi kalau pas lagi sulit, ibarat orang mau masukin benang kedalam jarum yang harus pake kacamata dulu lah, melototin lubang jarumnya, baru deh benangnya bisa masuk.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, diantaranya yang saya ingat dan saya catat adalah:

  • tidak ada ide cemerlang tentang topik apa yang bagus untuk di postingkan
  • "stuck" alias macet dalam merangkai kata-kata: harap dimaklumi aja, mengingat saya juga bukan penulis professional, tidak pernah hobby yang namanya buat Diary Harian, serta minim banget yang namanya perbendaharaan kata dan kosa kata
  • kurangnya waktu yang ada: menyambung postingan saya sebelumnya tentang manajemen waktu di sini, terkadang semangat untuk membuat postingan sudah menggebu-gebu tapi tidak ada waktu untuk memulainya. Malam hari (karena pagi sampai dengan sore hari saya jadi "kuli bayaran" di kantor tempat saya bekerja) yang biasanya saya manfaatkan untuk ngeblog, ngeplurk, ngenet, dsb terkadang habis untuk belajar dengan anak-anak, bermain-main dengan mereka, acara keluarga atau bahkan malah saya gunakan untuk tidur karena kecapekan.
  • gangguan dari faktor eksternal: nah, ini yang paling sering membuat saya "bete" banget. Karena terkadang semangat sudah sampai di puncaknya, langsung jadi "down" karenanya. Yah... bete banget kan klo lagi semangat buat postingan tiba-tiba line internet nya macet alias ngadat alias ngga lancar (terrputus-putus) atau bahkan lagi error (ngga bisa nge net sama sekali), sebel banget. Atau giliran mau buat postingan eh.. anak-anak ngrecokin (tapi untuk yang ini, terpaksa saya yang harus mengalah. Anak-anak adalah harus lebih diprioritaskan). Dan masih banyak lagi gangguan yang lain seperti tamu, dll.
  • gangguan dari faktor internal: gangguan dari dalam diri yang paling berpengaruh penting adalah rasa malas. Kalau judulnya sudah "malas" melakukan kegiatan apapun pasti akan terasa berat banget. Pinginnya bermalas-malasan atau nyantai untuk beberapa saat lamanya.

Nah, apakah kendala yang saya alami sama dengan kendala yang Anda hadapi?? Atau it's only happen to me??

Bantuannya saling sharing pegalaman dalam membuat postingan dong..teman-temanku semua!! Terutama sekali kepada mba Lyla, pak guru marsudiyanto, om budiawanhutasoit, dan mba Tyas yang rajin banget buat postingan. Paling tidak saya bisa belajar tips dan trik nya, sehingga selain bisa terjadwal dalam membuat postingan juga postingan saya lebih berbobot.

Tak lupa dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan "SELAMAT TAHUN BARU 2009" semoga di tahun 2009 ini kita bisa lebih baik dan lebih sukses lagi, Amin.

11 komentar:

Atca mengatakan...

Pertamanya ya...

Happy New Year 2009 mba..
Semoga makin sukses semuanya...
Btw tentang postingaan "gampang-gampang susah" ini sama dengan diriku ...he..he..
kadang males, ngga ada iede, ngga ada waktu atao gangguan inet yg seksi hi..hi..
tapi yang pasti semangat buat belajar yahhh

Penny mengatakan...

@Atca: Met Tahun Baru juga Atca, semoga sukses selalu mengiringi kita dan TETAP SEMANGATTTTT

mommy adit mengatakan...

klo nita sih alesan pertama adalah: males!! sebenernya banyak yg bisa diceritain, tp ya itu.. krn males nggak update2 deh...

Lyla mengatakan...

semoga gak males lagi di tahun baru ya jeng hehe... maap nih lagi jarang berkunjung liburan euy hehe... selamat tahun baru 2009 :)

Febrie Pereiza mengatakan...

Met taon baru ya jeng .. moga2 taon ini lebih baek dari taon kemaren ... amin !

Angsoka47 mengatakan...

gue banget kaya nya, hehehe.... lbh rajin dirimu lah say..

ENDRIYANI mengatakan...

Emang gitu Bun!!! Saya dulu awal-2 punya blog juga suka bingung pengen posting tapi gak tau mau posting apa trus ada aja kendala ini itu...Tapi sekarang cuek aja dech lagi dateng malesnya, trus gak usah dipaksain bgt ntar aja nunggu ada cerita atau lg mood nya bagus...

puguhr mengatakan...

met tahun baru mbak ....

tipnya: selalu bawa alat tulis untuk corat-coret saat ide datang, karena inspirasi tak tentu waktunya.
nah, saat waktu senggang coretan itu dikembangkan, lalu posting.
kalau soal gangguan koneksi bisa disiasati dengan menulis dulu di notepad.

podosari mengatakan...

pokoknya apa yang ada di kepala tinggal nulis aja bu.... misalkan cuma sepotong kecil tulisan yang kita punya, tinggal tambahi dengan googling, cari tulisan yang sesuai dan kopas.

Penny mengatakan...

@mommy adit: itu emang faktor terpenting yang paling berpengaruh terutama buat ibu2 kali ya, mba?? hahah mayoritas ngalaminya sih...

@Lyla:Insya Allah tahun baru dengan semangat baru, mba.. Ngga mau kalah ama mba Lyla dong...

@Febrie: semoga Febrie juga makin Ok dan lancar bisnis nya ya... amin..

Penny mengatakan...

@Angsoka47: ternyata semales-malesnya diriku, masih ada yg lebih males lagi ya?? hahaha gubrak...

@Endriyani: makasih masukannya mama Thalita ya... good suggestion..

@puguhr: wah.. mas Puguh selalu muncul dengan ide brilliant nya.. salut deh..

@alif: makasih infonya ya.. Alif..